PostHeaderIcon Internet Volume Based vs Time Based

Saat ini di Indonesia telah banyak para penyedia jasa layanan internet. Dengan jasa ini pengguna di hadapkan pada paket-paket tertentu yang ditawarkan yaitu volume based dan time based. Berikut ini akan saya jabarkan menurut sudut pandang tertentu. Sebaiknya mana yang dipilih?

HARGA, mungkin belum mencapai nilai yang ideal dibandingkan dengan banderol harga di negara tetangga. Begitu juga dengan kecepatan akses, daerah cakupan layanan, yang sedikit banyak dipengaruhi luas negara yang juga demikian luas Ini sedikit banyak juga menghambat penetrasi dan menambah besar investasi awal yang diperlukan oleh Internet service provider. Pilihan akses Internet di Indonesia mulai beragam. Baik dari operator atau provider yang menyediakan layanan juga pilihan satuan ongkos yang harus dibayarkan. Belakangan yang paling banyak ditawarkan dan mulai banyak dipertimbangkan dari sisi pengguna adalah pilihan volume based dan time based. Untuk perbandingan kali ini, kami tujukan tanpa membedakan kecepatan transfer antara penyedia layanan Internet. Beberapa variabel seperti lokasi, rentang waktu pengamatan dapat sangat mempengaruhi hasil penilaian. Perbandingan keduanya, dengan menggunakan acuan bandwidth yang digunakan saat aktivitas tersebut digunakan. Dengan catatan perhitungan ini dilakukan dengan menggunakan koneksi ADSL 384 kbps.

Browsing
Agak sulit untuk menentukan bandwidth yang akan digunakan saat melakukan aktivitas browsing. Ini akan berpengaruh dengan banyak hal. Mulai dari web browser yang digunakan, konfigurasi browser (seperti image yang akan ter-loading) gaya pengguna browser (membuka hanya 1-2 tab/window, atau hingga 10-20 tab/window), jenis page yang akan di-load (situs dengan dominasi teks, gambar, animasi flash, video streaming, dan seterusnya). Untuk aktivitas browsing, termasuk di dalamnya membaca berita ataupun tulisan pada situs berita, blog, membuka e-mail, mengisi form, dan sejenis. Ini masih termasuk kategori browsing ringan. Sedangkan browsing yang membutuhkan bandwith besar, saat membuka situs dan page yang didominasi dengan gambar, animasi flash, ataupun embeded video. Akan bertambah besar lagi konsumsi bandwidth yang digunakan jika secara konsisten selalu membuka dan me-reload banyak tab sekaligus (lebih dari 5 tab). Sejauh pengamatan kami, kebutuhan untuk browsing ini mulai dari 5 MB hingga nyaris 100 MB per jam. Rentang perbedaan yang sangat jauh ini akan dipengaruhi situs yang dikunjungi, setting loading image dan setting lain pada browser. Dengan asumsi penggunaan bandwith terbesar, paket volume based tidak memberikan keuntungan yang terlalu besar untuk hal ini. Namun dengan kebutuhan penggunaan browsing normal, volume based memberikan waktu yang lebih leluasa. Untuk penilaian yang satu ini, keduanya kami anggap seimbang.

Instant Messaging
Masih sama dengan browsing, penggunaan internet messaging juga yang paling lama dan banyak dilakukan, selama terkoneksi dengan Internet. Bandwidth yang digunakan pun beragam. Anda yang hanya menggunakan fungsinya untuk bertukar pesan dengan teks, hanya membutuhkan bandwidth yang sangat minim. Namun, hal ini akan berbeda jika digunakan sekaligus sebagai pengganti telepon dengan voice, atau bahkan menggunakan webcam untuk video call. Tergantung pada aplikasi yang digunakan dan setting kualitas gambar yang digunakan. Hal yang sama juga jika menggunakan fasilitas mengirim dan menerima file yang memang dimungkinkan beberapa instant messaging. Untuk simulasi penggunaan ini, kami menggunakan client instant messaging Yahoo! Messenger dan Skype. Angka yang didapatkan adalah antara 12 hingga 15 MB untuk penggunaan rata-rata per jam, lengkap dengan menggunakan voice chat dan webcam. Dengan asumsi pilihan antara time based sebanyak 50 jam per bulan, dibandingkan dengan volume based dengan quota 1 GB per bulan. Melihat konsumsi bandwidth yang dibutuhkan dan masih memungkinkan untuk menggunakan IM dengan kualitas yang memadai, volume based dapat memberikan durasi yang lebih lama.

Download
Untuk aktivitas yang satu ini, perhitungannya dapat dibilang lebih sederhana. Pada kebanyakan kasus, satu-satunya parameter yang akan membatasi adalah kecepatan bandwidth dari service provider yang digunakan. Menggunakan koneksi ADSL dengan paket kecepatan maksimal 384 kbps, kecepatan bandwidth pada penggunaan sehari-hari berada pada kisaran 40 kBps. Perlu diingat, ini hanyalah untuk download speed. Sedangkan perhitungan pada volume based adalah volume total dari download dan upload. Perhitungan ini dengan mempertimbangkan koneksi Internet yang kebanyakan mengklaim kecepatan up to 384 kbps. Maka dalam 1 jam sekitar 144 MB data dapat Anda download. Tergantung pilihan paket yang diberikan penyedia layanan Internet, Anda tinggal mengalikannya dengan jumlah waktu online yang tersedia jika Anda menggunakan pilihan time based. Bandingkan (jika ada) dengan layanan Internet yang menggunakan volume based.

Jika yang menjadi variabel pertimbangan utama adalah volume data maksimal yang dapat digunakan, maka pilihan koneksi Internet dengan time based akan menjadi pilihan yang lebih baik. Sebagai salah satu contoh, kami bandingkan untuk layanan Internet dari Telkom Speedy yang kebetulan juga memiliki kedua pilihan, time based dan volume based. Untuk biaya perbulan yang sama, Anda akan dihadapkan dengan dua pilihan: Speedy Time Based dan Personal. Dengan 50 jam yang tersedia pada Speedy Time Based dengan asumsi di atas akan ekuivalen dengan 50x144 MB atau sekitar 7 GB lebih Sedangkan dengan quota volume based untuk paket Personal 1000 MByte/bulan (upload + download). Namun jika keperluan koneksi Internet Anda tidak semata hanya untuk men-download, dan lebih banyak sebagai perpanjangan variasi dalam berkomunikasi, perhitungannya akan berbeda. Ini dikarenakan untuk kebutuhan selain download data, volume data tidaklah sebesar itu. Seperti katakanlah saat menggunakan instant messaging lengkap dengan voice chat dan webcam yang tidak lebih hanya sekitar 15 MB per jam (tergantung antara lain client IM yang digunakan juga setting kualitas audio dan video). Ataupun saat bermain online game MMORPG, yang hanya mengonsumsi sekitar 10 MB per jam. Menggunakan asumsi tersebut, maka untuk katakanlah volume based 1 GB, memberikan durasi ber-IM sekitar 66 jam, atau 100 jam game online per bulannya. Namun secara keseluruhan, time based memberikan keuntungan yang lebih banyak dibandingkan volume based. Apalagi jika penggunaannya optimal. Seperti men-download e-mail dan kemudian membacanya secara offline demikian juga saat browsing. Ataupun multi tasking dengan melakukan browsing ataupun IM selagi proses download berlangsung di background. Tentunya selama spesifi kasi komputer dan koneksi Internet yang digunakan masih memungkinkan.

Semua hal diatas adalah urian yang dapat saya berikan, untuk pilihan mana yang terbaik itu saya serahkan kepada anda, silakan anda pilih sendiri
Sumber : PCMEDIA (mtfauzi) (fauzisecret)
Internet Volume Based vs Time BasedSocialTwist Tell-a-Friend

1 komentar:

Mutiara mengatakan...

Mending pakai unlimitted saja, kalo pemakainnya banyak :)

Posting Komentar


Dipostingkan oleh : mtfauzi

Silakan beri komentar, kritik, maupun saran anda........

Translate This Blog :

Labels



Counter Powered by  RedCounter


free counters
Locations of visitors to this page
IP

100 Blog Indonesia Terbaik

Masukkan E-mail anda untuk berlangganan artikel dari blog ini:

Delivered by FeedBurner

About Me

FauziSecret Fan Box

Suara Pembaca

Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x

SMANSA Blogger

Komunitas Bloger SMA Negeri 1 Wonogiri

mtfauzi's blog

Berita Teknologi by Yahoo!

Okezone.com - Techno

Viva News - TEKNOLOGI

Link Out :


Ads


Produk SMART Telecom
Masukkan Code ini K1-F2AY54-8
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com