PostHeaderIcon Pesan Tersembunyi Di Balik Logo Coca Cola



KAIRO (SuaraMedia) – The Coca Cola Company dan produk-produknya banyak menuai kritik oleh berbagai sumber atas bermacam-macam alasan termasuk efek negatif produk-produk tersebut terhadap kesehatan, lingkungan, penggunaan pestisida dalam jumlah yang besar dalam produk-produknya, praktek eksploitasi buruh dan masih banyak alasan lagi. Tidak sedikit dari alasan-alasan tersebut yang membawa perusahaan tersebut menghadapi tuntutan hukum dan menciptakan kontroversi.
Satu kontroversi lagi terdapat pada logo produk Coca Cola. Bacalah logo tersebut dalam cermin atau terbalik, dalam tulisan Arab, apa yang anda dapat? Sumber dari sebuah kampanye di Mesir menuduh minuman ringan terbesar tersebut atas menyinggung Islam karena logo yang terkenal tersebut terlihat mengatakan: “No to Mohamed. No to Mecca” (Tidak untuk Muhammad. Tidak untuk Mekkah).
Pejabat lokal Coca-Cola mengatakan bahwa kampanye tersebut bermula dari internet pada Januari. Pada bulan lalu, banyak selebaran didistribusikan di masjid-masjid dan sekolah-sekolah, mengajak para pelanggan untuk memboikot minuman ringan tersebut atas dasar bahwa minuman tersebut menghancurkan agama mereka.
Maulana Kalbe Jawwad, seorang kepala keagamaan Shias, mengatakan: “Hal ini merupakan penghinaan terhadap Tuhan. Kami akan meminta Muslim di negara ini dan seluruh dunia untuk memboikot produk tersebut sampai perusahaan tersebut menarik kata-kata yang menyinggung tersebut.
Maulana mengatakan bahwa ia akan meminta semua praktisi Muslim untuk menyebarkan pesan tentangn logo “yang sangat menyinggung tersebut”.
Menguatkan pendirian Maulana, S.R. Azmi Nadvi, sarjana Bahasa Arab dan kepala sekolah dari Nadwa College yang terkenal di Lucknow, mengatakan bahwa kata-kata tersebut “berlawanan dengan agama kita”. “Saya telah melihatnya (logo tersebut) dan saya yakin bahwa logo tersebut emncemarkan yang dianggap suci,” ia menambahkan.
Ia mengatakan masalah tersebut sekarang akan dibawa kepada Dewan Hukum Personal Muslim dan Liga Dunia Arab Islam di Mekkah.
Selama lebih dari beberapa hari, logo Coca-Cola tersebut telah menjadi buah bibir seluruh kota. Botol-botol diperiksa dengan seksama seperti belum pernah melihat botol tersebut sebelumnya. Tetapi sekarang Coca-Cola, yang mengatakan bahwa “minuman tersebut dinikmati oleh lebih dari satu milyar Muslim”, melawan balik. Digelisahkan oleh kemungkinan perlawanan balik dari yang dirasa menghina, minuman tersebut berunding dengan satu dari tokoh-tokoh keagamaan yang paling senior Mesir, Sheikh Nasser Farid Wassel, yang menempatkan logo berumur 114 tahun tersebut sebelum sebuah panel para ahli keagamaan.
“Merek dagang tersebut tidak dirubah sejak logo tersebut didesain sampai sekarang,” datanglah balasannya. “Logo tersebut ditulis dalam bahasa asing dan tidak dalam bahasa Arab, dan hal ini membuktikan bahwa merek dagang tersebut tidak melukai Islam atau umat Muslim secara langsung ataupun tidak langsung.”
Sheikh Nasser mendesak mereka yang berada di balik rumor tersebut untuk “takut Tuhan” karena “tulisan tersebut mendesak Muslim untuk menyebarkan rumor-rumor tidak adil… tanpa mempunyai sebuah bukti legal bahwa mereka benar.” Ia menambahkan bahwa semua tanggung jawab untuk kampanye tersebut membahayakan pekerjaan dari ribuan warga Mesir yan bekerja pada perusahaan Coca-Cola lokal.
Coca-Cola telah melengkapi staf penjualannya dengan salinan dari putusan sheikh untuk menunjukkan perhatiannya kepada para pelanggan.
Tetapi manajer urusan luar perusahaan tersebut, Mahmoud Hamdy, mengatakan bahwa sejauh ini penjualan tidak terpengaruh. Ahmed Abdul Aziz, seorang pekerja konstruksi yang minum Coca-Cola dua atau tiga botol per hari, memegang botol minuman tersebut di depan cermin sebuah sepeda motor yang diparkir. “benar bahwa anda dapat melihatnya,” ia mengatakan. “Tetapi saya tidak akan menyerahkannya sekarang. Saya telah meminumnya bertahun-tahun tanpa masalah.” Dua tahun yang lalu, sebuah kampanye yang sama ditujukan terhadap Fanta, menuduhnya mengatakan “No to Allah” (Tidak pada Allah). Protes tersebut berakhir setelah beberapa minggu.
Rumor Coca-Cola bertepatan dengan sebuah kampanye yang jauh lebih serius terhadap sebuah novel oleh penulis Syria, Haidar Haidar, menyebut Feast dor Seaweed, dimana satu karakter menggambarkan Tuhan sebagai seorang “artis yang gagal”.
Walaupun buku tersebut pertama kali diterbitkan pada 1983, sebuah harian Islam memulai serangan proaktif bulan lalu, menuduh novel tersebut atas penghinaan terhadap Tuhan dan menggambarkan buku tersebut sebagai sebuah penghinaan kepada Muslim lebih buruk dari pada kekalahan Arab oleh Israel pada 1967, sebuah hal yang memalukan bahwa hanya dapat dihapus “oleh darah”.
Harian tersebut juga memberikan nama-nama dan alamat-alamat dari pejabat-pejabat Kementrian Budaya Mesir, yang mencetak ulang buku tersebut, dari apa yang banyak dilihat sebagai penghasutan untuk pembunuhan. Pada 8 Mei, siswa-siswa religius melakukan kerusuhan terhadap atas buku tersebut dalam protes terburuk selama bertahun-tahun.
Coca Cola juga merupakan salah satu produk milik Yahudi yang beberapa waktu lalu juga mendapat pemboikotan global seputar serangan Israel di Jalur Gaza yang menewaskan ribuan orang.Dikutip oleh SuaraMedia.com
Pesan Tersembunyi Di Balik Logo Coca ColaSocialTwist Tell-a-Friend

2 komentar:

7soul_society mengatakan...

baru tau?serem semua produk indonesia di blokir yahudi.hiiyy

Anonim mengatakan...

N siapa yang blokir produk2 Indonesia????? ya orang kita sendiri lah jangan jauh2 sampe Yahudi
Mas sebelumnya terimakasih bisa surf di sini n liat sofware 2 bagus rekomendasimu, tp mohon artikelmu jangan dirusak dengan isu2 yang ngga membangun, dan jelas ngga pasti, bahwa bikin orang ikut2an berprasangka itu dosa sama saja kita saiton buat mereka, maaf n terimaksih.
Kenapa kita orang Indonesia yg katanya pandai beragama malahan gampang emosi dan terprofokasi ya ???...wkwkwk, dan sudah pasti ttg artikel diatas kalau benar2 cermat (karena huruf ARAB itu pakem alias original)tulisannya jauh beda (ngga sama), ingat bahwa Allah SWT menciptakan kita ummatnya baik dan bersih(otak n pikirannya), mari "selalu berfikir positif" agar memandang indah apapun yg ada di dunia yg merupakan CIPTAAN ALLAH (manusia n isinya entah sama ataupun beda SARA nya)itu indah.
Kalau sampai (otak n pikirannya kotor)iri,dengki,fitnah dan picik itu sudah pasti buah saiton masuk di diri kita.
Kritik dan kritis boleh tapi tetap sesuai dan ada dasarnya, ini nulis di INTERNET LHO bukan di DIARY, mohon tetap hati2 dalam menulis.Kalau memang membela ummat kita jangan jauh2 krn di negeri tercinta kita ini banyak ketidakadilan, contohnya jelas urusan sorga dengan Allah SWT aje(naik Haji,kebutuhan makan dan tempat inapnya) aja dikorupsi apalagi urusan P E R U T

AYO Bangun dong , mana jiwa NASIONALISMU BUNG!!!!!!! NASIONALIS yg tetap BERAGAMA = SANTUN, KRITIS n MERDEKA . Wassalam

Posting Komentar


Dipostingkan oleh : mtfauzi

Silakan beri komentar, kritik, maupun saran anda........

Translate This Blog :

Labels



Counter Powered by  RedCounter


free counters
Locations of visitors to this page
IP

100 Blog Indonesia Terbaik

Masukkan E-mail anda untuk berlangganan artikel dari blog ini:

Delivered by FeedBurner

About Me

FauziSecret Fan Box

Suara Pembaca

Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x

SMANSA Blogger

Komunitas Bloger SMA Negeri 1 Wonogiri

mtfauzi's blog

Berita Teknologi by Yahoo!

Okezone.com - Techno

Viva News - TEKNOLOGI

Link Out :


Ads


Produk SMART Telecom
Masukkan Code ini K1-F2AY54-8
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com